Character Building — Bab 1

 

BAB 1 PENDAHULUAN

1.Latar Belakang dan Permasalahan

Di kala kehidupan perkotaan yang diisi dengan rutinitas yang selalu sama setiap harinya, tentu akan timbul kejenuhan di dalam diri setiap orang. Ditambah adanya dampak negatif dari perkembangan teknologi di era ini juga tidak membantu perkembangan anak-anak Indonesia dikarenakan kurangnya pendidikan akan hal tersebut. Lambat laun, generasi muda Indonesia akan menjadi sebuah generasi yang kurang peduli akan lingkungan sekitar mereka, dengan kepala tertunduk dengan dunia yang mereka pegang di tangan mereka masing-masing. Tentu hal ini akan membawa Indonesia ke ambang kehancuran walaupun hal ini akan memakan waktu bertahun-tahun untuk benar-benar terjadi.

Selain itu, banyak anak-anak kecil yang sebenarnya sudah mencapai usia wajib sekolah namun dikarenakan mereka berasal dari keluarga yang kurang beruntung, mereka harus bekerja membantu orangtua mereka dan meninggalkan cita-cita mereka untuk bersekolah. Sehingga banyak sekali anak-anak yang belum bisa membaca padahal umur mereka sudah cukup tua.  Oleh karena itu, munculah ide untuk membuat suatu tempat dimana masyarakat dapat berelaksasi sekaligus tempat dimana masyarakat, terutama anak-anak, untuk mengembangkan diri mereka. Terciptalah RPTRA ( Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) di berbagai lokasi yang tersebar di seluruh Jakarta. Tempat ini memiliki tujuan untuk menyediakan ruang terbuka bagi anak-anak khususnya supaya mereka dapat mengembangkan kemampuan sosial maupun psikomotorik mereka sampai titik optimal sehingga menjadi anak-anak yang tumbuh cerdas nantinya.

Selain menjadi tempat berelaksasi dan tempat anak-anak untuk bermain, banyak komunitas-komunitas masyarakat yang bergerak di bidang sosial yang mengisi acara-acara di RPTRA – RPTRA. Mulai dari pelajaran matematika, menulis, membaca, bahkan sampai menari. Hal ini diharapkan dapat membantu anak-anak yang kurang mampu tadi untuk mengembangkan diri mereka.

Dengan adanya program RPTRA ini, maka memungkinkan bagi Pemerintah Daerah untuk mememenuhi hak-hak yang dimiliki oleh masyarakat, terutama hak anak untuk belajar dan berkreasi. RPTRA juga tidak berfungsi sebagai tempat pembelajaran dan relaksasi masyarakat atau sebuah taman kota yang berfungsi untuk menambah area ruang hijau, namun dapat digunakan pula sebagai pusat informasi dan konsultasi keluarga. RPTRA dapat pula berfungsi sebagai posyandu di beberapa waktu sekaligus sebagai tempat berolahraga, seperti yang sering dilakukan di RPTRA yang akan kami datangi yaitu RPTRA Kemandoran.

Pada RPTRA yang baru dibuka bulan Januari 2017 silam, RPTRA ini sudah terbilang memiliki cukup banyak kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan olahraga pagi yang dikhususkan bagi para ibu-ibu yang tinggal di sekitar RPTRA tersebut setiap hari Rabu pagi. RPTRA jelas sangatlah membantu dalam membawa perubahan dalam komunitas masyarakat Jakarta dan akan lebih baik apabila kita urus secara bersama.

Masih banyak RPTRA – RPTRA yang telah dibuka namun kekurangan volunteer ataupun orang-orang yang berminat untuk menggerakan sebuah kegiatan pada tempat-tempat tersebut. Alangkah baiknya apabila kaum muda-mudi Jakarta didorong untuk melakukan kegiatan volunteer pada RPTRA-RPTRA baru tersebut. Selain menambah pengalaman, dapat pula menambah ilmu dari orang-orang sekitar yang turut berkegiatan dalam RPTRA tersebut.

2. Rencana Kegiatan

Kami sebagai mahasiswa dan mahasiswi Binus University yang diwajibkan untuk mengambil mata kuliah Character Building: Kewarganegaraan merasa bahwa teori-teori yang diajarkan oleh dosen kami di kelas, yang terbilang lengkap, sangatlah kurang apabila tidak dipraktekan secara langsung. Sebab teori tanpa praktek tiadalah arti sama sekali.

Oleh karena itu kami hendak belajar untuk menerapkan apa yang kami ketahui di kelas ke kehidupan nyata sembari membagikan apa yang selama ini kami ketahui kepada adik-adik kami untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan sekaligus berbagi pengetahuan kepada sesama.

This entry was posted in Character Building. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *