Character Building — Bab 2

BAB 2 METODE KEGIATAN

1.KEGIATAN MENGAJAR

Kegiatan kami mulai dengan membagi anak-anak menjadi kelompok-kelompok kecil sehingga kami mudah untuk menangani nya. Dalam kegiatan, kami mengajari mereka kata-kata dasar dan beberapa kata yang berhubungan dengan lingkungan melalui permainan “Hangman”. Setelah itu kami meminta beberapa anak untuk mencoba maju dan menulis kembali kata-kata yang telah diajarkan kepada mereka. Selain itu kami juga meminta mereka yang tidak maju untuk menyalin ulang kata-kata tersebut di buku tulis yang telah diberikan. Apabila waktu masih cukup, maka sisa waktu biasa kami gunakan untuk mengajari matematika, namun materi tetap difokuskan kepada tema lingkungan.

2.KEGIATAN HIBURAN

Kami mengadakan kegiatan hiburan berupa games dan kegiatan, dimana bagi yang dapat menjawab pertanyaan yang kami berikan, akan mendapatkan hadiah.

Games yang kami adakan yaitu:

  1. Hangman

Salah satu dari anggota menggambarkan benda dan anak-anak harus menebak gambar tersebut lalu menuliskan nama dari gambar tersebut di kotak yang telah disediakan. Hal ini dilakukan supaya mereka belajar mengenal huruf dan menulis dengan lancar.

  1. Menanam dan Merawat Kacang Hijau

Setiap anak diberikan bagian bawah dari botol bekas yang telah dipotong dan sehelai kapas serta beberapa genggam kacang hijau. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kejenuhan saat belajar sekaligus mengajari mereka untuk merawat tumbuhan. Penanaman ini juga mengajarkan mereka akan pentingnya tumbuhan di dalam lingkungan.

This entry was posted in Character Building. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *